WiGa,- Sengaja di Hari Pendidikan Nasional (HarDikNas) tanggal 2 Mai  tahun 2020 menyajikan sisi mahasiswa STIE Widya Gama Lumajang khususnya dari  asal mereka. Ternyata, asal mahasiswa kampus ini merupakan miniatur dari Indonesia. Berasal dari berbagi wilayah yang ada di nusantara ini. Dari Sabang sampai Merauke, dari Mentawas sampai pulau Roti ada di kampus yang ada di Jl Gatot Subroto 4 Lumajang. Sisi sebaran ini biasanya   atau mungkin jarang  memperoleh perhatian.

Kalau  public mengetahui ada mahasiwa STIE Widya Gama Lumajang dari Lumajang dan sekitarnya (Jember, Probolinggo) tentu bukanlah sesuatu yang  mengejutkan. Namun bagaimana kalau ada  yang  berasal dari Tabalong (Kalimantan Selatan), Ketapang (Kalimantan Barat), Kalimantan Timur, Sumatra Selatan, Mimika, Sulawesi Tengah, Bukit Jaya, Jambi, Mataram dan Denpasar ? Tentu ‘sesuatu’ banget dengan kampus ini.   Belum lagi yang berasal dari  propinsi tetangga Jawa Tengah (Blora). Demikian juga  dengan yang bersal dari Jawa Timur sendiri, nyaris dari berbagai penjuru ada di kampus STIE Widya Gama Lumajang.

Ketua STIE Widya Gama Lumajang, Ratna Wijayanti Daniar Paramita, SE.MM mengakui  sebaran asal  mahasiswa  kampusnya. ‘’ Data sebaran asal mahasiswa memang menunjukkan demikian.’katanya serius.  Tentu saja ini merupakan point tersendiri bagi STIE Widya Gama Lumajang.  ‘’  Nama  kampus ini ternyata sudah akrab sampai se-antero nusantara,’’ ungkapnya bangga.  Bukan lokal atau pun regional, namun sudah menasional.

Lebih lanjut Bu Ratna, demikian panggilan akrabnya mengungkapkan dari   para mahasiswa yang  kuliah tersebut ada yang memang secara mandiri.. ‘’ Datang   sendiri dari seberang pulau dengan tujuan kuliah di kampus STIE Widya Gama Lumajang,’’ tambahnya. Sementara yang lain, karena  faktor keluarga  mengikuti saudara  atau kepentingan kerja. ‘’ Menjatuhkan pilihan kepada  kampus ini tentu  merupakan apresiasi sendiri,’’ tegasnya.

Wakil Ketua  I Bidang Akademik, Noviansyah  Rizal, SE. MM mengatakan pihaknya tidak menduga sama sekali kampus STIE Widay Gama  Lumajang sudah kondang sampai ke luar Jawa. ‘’ Sebaran  asal mahasiswa ini  tentu akan mendongkrak nama kampus sendiri,’’ katanya. Meraka ini  tersebar  pada Program Studi yang ada dan berbagai tingkat.  ‘’  Para mahasiswa ini  mengikuti perkuliahan sesuai dengan  ketentuan yang ada,’’ tambahnya. Sampai akhirnya  merampungkan  studi Strata Satu di STIE Widya Gama Lumajang. ‘’  Setelah rampung kuliah,  sebagian dari alumni ini ada yang  kembali ke tanah  asal dan juga  bertahan di Lumajang,’’ tandasnya.

Dra Ninik Lukiana,, MM Wakil Ketua Bidang Keuangan dan SDM mengatakan, kampus STIE Widya Gama Lumajang terus berupaya dan berikhtiar  mempersiapkan SDM yang adaptif terhadap perubahan. ‘’  Termasuk dalam  kesiapan SDM yang ada tersebut dalam menerima kehadiran mahasiswa  dari berbagai daerah dan negara nantinya,’’ jelasnya.  Sehingga  kehadiran mahasiswa tersebut menjadi point  yang snagat berarti bagi  kampus.

M Hudi Setyobakti, SE. MM, Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama  menegaskan kampusnya sangat terbuka   bagi siapa pun dan dari mana pun yang akan melanjutkan  pendidikan Strata Satu baik di Program Studi Akuntansi dan Manajemen. ‘’ Kampus STIE Widya Gama Lumajang sangat terbuka tanpa melihat dari mana asalnya,’’ tandasnya.  Seraya menambahkan, pihaknya sudah  melakukan kerja sama  dengan berbagai kampus baik di dalam dan luar negeri. ‘’ Sehingga  dari berbagai sisi  mampu bersaing,’’ tambahnya.

Ke depan,   kampus ini  terus bersinergi dengan kampus lain khususnya dengan kampus luar negeri. ‘’ Agar   nantinya bukan hanya menerima mahasiswa  dari berbagai propinsi yang ada di Indonesia namun juga dari manca negara,’’ jelas Ketua STIE Widya Gama Lumajang, Ratna Wijayanti Daniar Paramita yang diamini Noviansyah Rizal, Ninik Lukiana dan  Hudi Setyobakti. Bisa  dengan student exchange  maupun sit in  atau pun program lainnya yang semua ini sudah berjalan.  ‘’ Tentunya akan berkelanjutan,’’ tegasnya. Sehingga nanti kampus STIE Widya Gama Lumajang  benar-benar menjadi kampus plural  ‘Bhineka Tunggal Ika ‘Plus’, bukan hanya tempat bersatunya mahasiswa dari seluruh Indonesia namun juga manca negara. Selamat Hari Pendidikan Nasional tahun 2020. ‘ STIE Widya Gama Lumajang  Berkarakter dan  Berkualitas  !’. (Zainul Hidayat)